(0 pemilihan)

SMP Xaverius 2 Bandarlampung Belajar Ilmu Jurnalistik Pilihan

Pada Hari Jumat 16 Februari 2024 - Sabtu 17 Februari 2024 Yayasan Xaverius Tanjungkarang mengadakan pelatihan Jurnalistik dengan tema "Membangun Narasi yang Menarik dan Informatif". Kegiatan ini dilaksanakan di GSG Gentiaras Way Halim, Bandarlampung. Kegiatan diikuti oleh 26 peserta yang terdiri dari seluruh perwakilan sekolah yang ada di yayasan Xaverius Tjk dengan pemateri Ibu Yuli Nugrahani, Pak Ignatius Adi Kurniawan, Pak Yoga Raharjo, dan Pak Y. Gisik Priambo, S.Pd. Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Xaverius Tjk Rd. Andreas Sutrisno mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena "menurut rekomendasi renstra ada yang namanya devisi promosi yaitu seluruh peserta pelatihan ini. Oleh karena itu kita wajib mempublikasikan karya dengan baik dan merangkul banyak media."

Bu Yuli Nugrahani, seorang ahli penulisan artikel, menekankan pentingnya menciptakan konten yang tidak hanya menarik perhatian pembaca tetapi juga memberikan informasi yang berharga. Dengan cara ini, pembaca akan tertarik untuk terus membaca dan mendapatkan manfaat dari artikel yang dibuat.

Pentingnya ukuran yang seragam dalam konten juga menjadi perhatian dari Pak Ignatius Adi. Dalam materinya, dia menjelaskan bahwa memastikan konten memiliki ukuran yang seragam dapat membuat tampilan secara keseluruhan lebih menarik. Dengan ukuran yang konsisten, pembaca dapat dengan mudah mengikuti alur cerita dan informasi yang disajikan.

Pak Yoga, menyoroti pentingnya untuk terus bergerak dan selalu memperbarui konten. Dia menekankan kerjasama dengan banyak pihak dalam promosi dan menyatakan bahwa informasi harus dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan melalui berbagai platform. Ini menunjukkan bahwa keberhasilan dalam pengelolaan web memerlukan ketangkasan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren.

Dalam materi yang disampaikan oleh Pak Gisik, kunci sukses dalam meningkatkan visibilitas sekolah dan publikasi adalah pemantauan terus-menerus terhadap konten yang dihasilkan. Dengan memantau dan mengevaluasi apa yang telah dipublikasikan, kita dapat menyesuaikan rencana kedepannya untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik publikasi sekolah. Beliau memberikan 6 step untuk jadi operator web yang propesional:

  1. tulis rencana kerja
  2. komunikasikan dengan tim
  3. kerja bersama-sama (disekolah maupun lintas sekolah)
  4. praktikkan dan buat menjadi sempurna
  5. buat brandingnya
  6. terus mencoba

Secara keseluruhan, pendekatan yang holistik dan kolaboratif dari para ahli ini membentuk dasar yang kuat untuk meningkatkan kualitas artikel dan visibilitas sekolah. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, diharapkan bahwa konten yang dihasilkan akan lebih efektif dalam mencapai tujuan komunikasi dan pemasaran.

Salam HK3P

Penulis: Vincen Simatupang

Baca 119 kali Terakhir diubah pada Jumat, 08 Maret 2024 01:21
SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

Manusia Yang Unggul dalam Humanitas, Kecerdasan, Kajujuran, Kedisiplinan, dan Pelayanan

xav2