SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

Manusia Yang Unggul dalam Humanitas, Kecerdasan, Kajujuran, Kedisiplinan, dan Pelayanan

URL Situs Web: http://xav2

Bandarlampung, 2 Mei 2024 - Hari Pendidikan Nasional 2024 menjadi momentum istimewa bagi siswa-siswi SMP Xaverius 2 Bandarlampung untuk menunjukkan kreativitas mereka melalui lomba membuat poster dengan tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar". Lomba poster yang diadakan oleh sekolah ini berhasil menciptakan gebyar semangat di antara siswa-siswi untuk mengungkapkan gagasan mereka tentang pentingnya pendidikan yang inklusif dan progresif.

Dengan semangat yang berkobar-kobar, setiap kelas berjuang keras untuk menghasilkan poster terbaik yang mencerminkan semangat kebersamaan dan semangat belajar yang tak kenal lelah. Kreativitas para siswa tampak dalam berbagai konsep yang diusung, mulai dari ilustrasi penuh warna hingga penggunaan kata-kata inspiratif yang memotivasi.

Berikut Karya Peserta Didik Pilihan:

 cover_web.png

Dengan adanya lomba poster ini, diharapkan para siswa tidak hanya mengasah kreativitas mereka tetapi juga semakin terdorong untuk terus berprestasi dalam belajar. Semangat untuk meraih mimpi dan mencapai cita-cita menjadi semakin membara di hati setiap siswa. Keberhasilan ini juga menjadi bukti nyata betapa SMP Xaverius 2 Bandarlampung terus berupaya memberikan wadah yang kondusif bagi perkembangan akademik dan non-akademik siswa-siswinya.

Penulis: Vincen Simatupang

SMP Xaverius 2 Bandar Lampung telah melaksanakan pembelajaran di luar kelas melalui pembelajaran kontekstual bagi peserta didik kelas IX tahun pelajaran 2023/2024 di Pantai Clara I Lampung. Sekolah mempunyai harapan agar peserta didik terutama kelas IX dapat menghilangkan kejenuhan dengan rutinitas sehingga secara mental mereka siap untuk mengahadapi Ujian Sekolah dengan hasil yang memuaskan.

IMG_0573.JPG

Adapun Kegiatan pembelajaran kontekstual kelas IX SMP Xaverius 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2023/2024 memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Xaverius 2 Bandar Lampung melalui pembelajaran kontekstual.
  2. Mempersiapkan mental peserta didik kelas IX yang akan menghadapi ujian sekolah agar lebih siap dan bersemangat.
  3. Menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan hidup dan bangga dengan kekayaan alam laut Indonesia serta keindahannya terutama di Pantai Clara I Lampung.

Pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Kontekstual kelas IX SMP Xaverius 2 Bandar  Lampung tahun pelajaran 2023/2024 dilaksanakan pada:

hari/tanggal   :  Kamis/ 25 April 2024

peserta           :  Seluruh Peserta didik kelas IX A,B,C dan D TP. 2023/2024

tempat           :  Pantai Clara I Lampung

Kegiatan pembelajaran kontekstual mengangkat tema “Menyatu dengan alam menumbuhkan cinta pada lingkungan hidup serta rasa syukur atas anugerah Tuhan” Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kontekstual tersebut disambut dengan sangat antusias oleh peserta didik kelas IX, terbukti selama kegiatan berlangsung tampak peserta didik sangat menikmati dan mereka bergembira. Di samping mereka dapat menikmati keindahan alam di Pantai Clara I Lampung, peserta didik juga diberi tugas membuat laporan kegiatan berupa video laporan dengan durasi 3 sampai 5 menit. Dalam laporan tersebut peserta didik mengkolaborasikan mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, IPS dan PJOK. Para siswa diwajibkan membuat video dengan melaporkan dalam bahasa Inggris dan subtitle dalam bahasa Indonesia. Dan di dalam video tersebut mereka melaporkan berbagai biota laut dan juga ekonomi kreatif yang ada di Pantai Clara I Lampung.

IMG_9088.JPG

Dengan  Pembelajaran Kontektual kelas IX SMP Xaverius 2 Bandar Lampung, akan membantu peserta didik semakin mencintai lingkungan alam dan bangga dengan keindahan alam yang ada di daerahnya serta bersyukur kepada Tuhan atas anugerah alam yang sangat indah di bumi Lampung tercinta.

Kumpulan Hasil Karya Peserta Didik: https://drive.google.com/drive/folders/18X-iLwBkcwyyruXj87TAKClee9Dskv5A

Salam HK3P

Penulis : Yohana Susiati

Editor: Ratih

20 April - Sebagai puncak perayaan Paskah dan Collaboration event, OSIS SMP Xaverius 2 Bandar lampung melakukan bakti sosial di panti Wreda Griya Nugraha bersama dengan para bapa ibu guru dan perwakilan antar kelas.

Acara diawali dengan sambutan dari MC setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan melakukan aktivitas yang ringan seperti senam ringan. Suasana menjadi sangat semangat dan ceria setelah melakukan beberapa senam ringan. Selesai senam ringan, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah yaitu Ibu Sisilia Surasi Andriani, S.Si., M.M dan Sr. Franciska Erni Mistriana, HK melanjutkan acara dengan menyampaikan sejarah panti Werda Griya Nugraha.

IMG_0462.JPG

Selanjutnya, murid-murid SMP Xaverius 2 Bandar Lampung mendapatkan kesempatan untuk berdialog dengan para lansia mereka mendengarkan pesan dan kesan dari para lansia sebuah momen yang kakaknya mengharukan namun juga penuh dengan hikmah dan pelajaran hidup.

Selama kegiatan berlangsung, para OSIS, bapak ibu guru dan murid melaksanakan acara dengan semangat yang tinggi, hal ini juga mengundang semangat para lansia untuk mengikuti acaranya. Untuk mengabadikan momen yang berharga ini, dilakukannya sesi foto bersama dengan para lansia. Selanjutnya acara ditutup dengan doa dan ucapan perpisahan dengan para lansia

IMG_0472.JPG

Acara dilaksanakan dengan harapan dapat membantu dan berbagi kebahagiaan dengan para lansia yang tinggal di panti. Kegiatan acara pada hari ini juga membantu para peserta didik lebih Meningkatkan dan memperat tali persaudaraan, dan mewujudkan rasa cinta kasih dan saling menolong.

terlihat betapa bersemangatnya dan bahagianya para lansia di Panti Wreda Griya Nugraha. Keterlibatan OSIS, bapak dan ibu guru, serta seluruh siswa telah membuat acara ini berjalan lancar dan memberikan momen tak terlupakan bagi semua yang hadir.

 

Penulis: OSIS Bidang Majalah Dinding & Vincen Simatupang

Jumat 19 April - SMP Xaverius 2 merayakan momen bersejarah dengan menggelar acara ibadat perayaan Paskah dan Idul Fitri secara bersamaan. Dalam hari yang penuh makna ini, siswa dan staf sekolah bersatu dalam semangat persaudaraan lintas agama, menggambarkan harmoni yang indah.

Acara ibadat dimulai dengan nyanyian koor yang merdu dengan pujian dan syukur. Bacaan Injil memperdalam makna kebangkitan Yesus Kristus. Namun, yang benar-benar menggetarkan hati adalah penampilan drama oleh OSIS yang mengisahkan kisah kebangkitan Yesus Kristus. Peran-peran yang ditampilkan dengan penuh dedikasi, memancarkan keindahan dan keajaiban pesan Paskah. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu berjudul 'Lebih Dari Pemenang' yang dinyanyikan secara duet, membuat suasana kembali menjadi lebih ceria dan meriah.

IMG_9736.JPG

Setelah ibadat selesai, suasana tak langsung berakhir. Sebaliknya, perayaan berlanjut dengan berbagai penampilan Paskah yang sangat menarik. Banyak sekali bakat-bakat yang ditampilkan. Mulai dari penampilan nyanyian, musik ansamble, tamborin dan sebagainya. Setiap penampilan dipenuhi dengan suasana yang kegembiraan, meriah dan semangat.

Setelah penampilan bakat yang memukau saat perayaan Paskah, semangat persaudaraan dan toleransi terus berkobar di SMP Xaverius Bandarlampung. Menyambut Hari Raya Idul Fitri, sebuah tradisi yang tak kalah berarti pun menghiasi kalender sekolah: Halal Bihalal.

Murid, guru, dan staf non-Islam bersatu untuk merayakan momen ini. Mereka maju satu per satu, dengan tangan terbuka, siap untuk menyambut para pemeluk agama Islam dengan hangat.

Para siswa, guru, dan karyawan bersalaman, sambil bertukar ucapan selamat Idul Fitri dan berbagi senyuman. Ini bukan sekadar formalitas, tetapi sebuah ungkapan tulus dari hati yang penuh kasih dan kedamaian.

Di tengah keragaman ini, satu hal yang terlihat jelas: kesatuan dalam keberagaman. Tak peduli agama atau latar belakang, mereka semua bersatu dalam semangat persaudaraan yang mendalam. Halal Bihalal bukan hanya sekadar tradisi, tetapi sebuah perayaan akan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi. Tradisi Halal Bihalal di SMP Xaverius Bandar Lampung bukan hanya momen untuk merayakan akhir bulan suci Ramadan dan memaafkan satu sama lain, tetapi juga sebuah pemberitahuan akan pentingnya menjaga persatuan dan toleransi antar sesama tanpa memandang perbedaan satu sama lain.

IMG_0414.JPG

Melalui serangkaian penampilan yang memukau ini, acara yang diadakan di SMP Xaverius Bandarlampung menampilkan perpaduan budaya dan agama yang indah. Dari ibadat Paskah hingga tradisi Halal Bihalal, setiap momen dipenuhi dengan kehangatan dan persaudaraan. Sekolah bukan hanya tempat belajar, tetapi juga ladang untuk menanamkan nilai-nilai kemanusiaan. Semangat persatuan dan harapan akan masa depan yang lebih baik terus berkobar di antara keragaman yang ada.

Penulis: OSIS Bidang Majalah Dinding & Vincen Simatupang

Lomba Menghias Telur di SMP Xaverius 2 Bandarlampung

Hari Paskah adalah perayaan peristiwa penting yang memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian yang telah menebus dosa manusia. Dan juga merupakan salah satu perayaan penting bagi pemeluk agama Katolik dan Kristen.

Dalam rangka merayakan hari Paskah. Bandar Lampung, 18 April - SMP Xaverius 2 telah mengadakan acara lomba menghias telur yang baru-baru ini diadakan untuk siswa kelas 7 dan 8 dengan tema 'Bangkit Untuk Menata Kehidupan'. Mengajak siswa untuk merenungkan tentang kebangkitan dan perubahan positif dalam hidup mereka.

Lomba diadakan dengan harapan membantu siswa lebih menghayati pengorbanan Yesus untuk menebus dosa manusia, karena kegiatan ini memungkinkan mereka untuk melibatkan aspek seni dalam memahami makna Paskah secara lebih mendalam. Acara ini bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk merangsang kreativitas dan kerjasama di antara siswa. Acara ini memungkinkan siswa juga untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui seni menghias telur. Siswa diundang untuk menciptakan desain yang unik dan menginspirasi, mencerminkan beragam bakat dan minat mereka.

Selama proses penghiasan, suasana di sekolah menjadi sangat hidup dengan antusiasme dan semangat persaingan yang sehat di antara siswa. Mereka saling memberikan dukungan dan inspirasi satu sama lain, menciptakan suasana yang penuh kasih dan kebersamaan di antara peserta.

IMG_9541.JPG

Tema lomba ini adalah "Bangkit Untuk Menata Kehidupan", mengajak siswa untuk merenungkan tentang kebangkitan dan perubahan positif dalam hidup mereka. Acara ini merayakan Hari Paskah, sebuah perayaan Kristen yang memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian, yang diyakini sebagai peristiwa penting dalam agama Katolik dan Kristen.

Salah satu manfaat lomba ini adalah untuk membantu siswa lebih menghayati pengorbanan Yesus untuk menebus dosa manusia, karena kegiatan ini memungkinkan mereka untuk melibatkan aspek seni dalam memahami makna Paskah secara lebih mendalam.

IMG_9675.JPG

Dengan kesuksesan lomba menghias telur ini, SMP Xaverius 2 Bandarlampung telah memberikan contoh yang bagus tentang pentingnya mempromosikan kreativitas dan kolaborasi di antara siswa. Semoga kegiatan serupa akan terus diadakan di masa depan untuk terus memperkaya pengalaman belajar siswa.

Penulis: OSIS Bidang Majalah Dinding & Vincen Simatupang

Bandarlampung, 8 Maret - SMP Xaverius 2 Bandarlampung menjadi pusat perhatian komunitas olahraga lokal dengan suksesnya penyelenggaraan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kecamatan. Acara yang berlangsung pada tanggal 6-8 Maret ini, mengumpulkan atlet pelajar berbakat di lima cabang olahraga: atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, dan karate yang ada di kecamatan Enggal.

Seleksi O2SN tingkat kecamatan ini diikuti oleh berbagai sekolah menengah pertama se-Kecamatan Bandarlampung. Mereka berkompetisi untuk merebutkan kesempatan mewakili kecamatan di tingkat kota nantinya. Acara ini tidak hanya diharapkan menjadi wadah untuk mengasah kemampuan atlet muda, tapi juga sebagai sarana pembibitan bakat olahraga di tingkat selanjutnya.

Dalam cabang atletik, peserta menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam nomor lari 60 meter, lompat jauh, dan lempar lembing, di mana semangat juang dan kegigihan menjadi kunci utama mereka. SMP Xaverius 2 Bandarlampung mengirimkan 2 perwakilan di cabang atletik, yaitu Faustin Filbert Jerison di nomor perlombaan atletik putra, dan Fidelia Suci Prastika di nomor perlombaan atletik putri. Setelah mengikuti seluruh perlombaan, SMP Xaverius 2 berhasil mendapatkan Juara 1 di nomor perlombaan atletik putra, dan untuk nomor perlombaan atletik putri mendapat juara 3.

111.png

Sementara itu, di kolam renang, persaingan di nomor gaya bebas dan gaya dada menjadi sangat ketat, dengan para peserta menunjukkan kecepatan dan ketahanan yang impresif. SMP Xaverius 2 Bandarlampung mengirimkan 2 perwakilan di cabang renang, yaitu Andreas Christan Pujani di nomor perlombaan renang putra, dan Lovely Charlina Tan di nomor perlombaan renang putri. Setelah mengikuti seluruh perlombaan, SMP Xaverius 2 berhasil mendapatkan Juara 3 di nomor perlombaan renang putra, dan untuk nomor perlombaan renang putri mendapat juara 1.

91.png

Cabang bulutangkis tidak kalah serunya, dengan adanya pertarungan sengit antara pemain-pemain muda berbakat. Teknik, daya tahan, dan strategi menjadi faktor penentu dalam setiap pertandingan yang berlangsung. Beberapa pertandingan bahkan berlangsung sangat dramatis dan harus ditentukan di game penentu. SMP Xaverius 2 Bandarlampung mengirimkan 2 perwakilan di cabang bulutangkis, yaitu El Clement Devanka di nomor perlombaan bulutangkis putra, dan Kiarra Eugenia Araminta di nomor perlombaan bulutangkis putri. Setelah mengikuti seluruh perlombaan, SMP Xaverius 2 berhasil mendapatkan Juara 1 di nomor perlombaan bulutangkis putra, dan untuk nomor perlombaan bulutangkis putri mendapat juara 1.

102.png

Pencak silat dan karate, sebagai cabang olahraga beladiri, juga menarik banyak perhatian. Para pesilat dan karateka muda menampilkan keahlian yang memukau, baik dalam kategori tanding maupun seni. Keindahan gerakan, kekuatan, dan kecepatan mereka berhasil membius penonton yang hadir. SMP Xaverius 2 Bandarlampung mengirimkan 1 perwakilan di cabang karate, yaitu Grace Samantha Kasim di nomor perlombaan karate putri. Setelah mengikuti seluruh perlombaan, SMP Xaverius 2 berhasil mendapatkan Juara 2 di nomor perlombaan ini.

122.png

Kepala SMP Xaverius 2 Bandarlampung, Ibu Sisilia Surasi Andriani, menyatakan kebanggaannya akan hasil yang diperoleh "Ini merupakan kesempatan berharga bagi seluruh peserta didik untuk berkontribusi dalam pengembangan olahraga di tingkat pelajar. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi atlet-atlet muda untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi di masa depan," ujarnya.

Acara ini ditutup dengan upacara penyerahan medali dan penghargaan kepada para peserta yang berhasil menunjukkan prestasi terbaik. Meski kompetisi berlangsung ketat, nilai persahabatan dan sportivitas tetap menjadi hal yang paling berharga dari seluruh rangkaian kegiatan seleksi O2SN ini.

cover_web_3.png

cover_web_4.png

Penulis: Vincen Simatupang

Tanjungkarang, 26 Februari 2024- SMP Xaverius 2 Bandarlampung mengadakan seleksi untuk menentukan perwakilan sekolah mengikuti salah satu event olahraga pelajar paling ditunggu, yaitu seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024. Acara ini berlangsung pada 23-26 Februari, menampilkan talenta-talenta muda di empat cabang olahraga: atletik, renang, bulutangkis, dan karate.

Seleksi ini diikuti oleh peserta didik kelas 7, dan 8, yang berkompetisi untuk merebutkan kesempatan mewakili sekolah di tingkat kecamatan. Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang pencarian bakat, tapi juga sebagai sarana pembinaan dan peningkatan kualitas atlet pelajar di sekolah.

Pada cabang atletik, para peserta menunjukkan semangat kompetisi yang tinggi, terutama di nomor lari 60 meter tolak peluru dan lompat jauh. Sementara di kolam renang, gaya bebas dan gaya kupu-kupu menjadi nomor yang paling banyak menarik perhatian penonton dengan pertarungan yang sangat sengit.

3.png

Di arena bulutangkis, pertandingan berlangsung sangat dramatis. Para pemain menampilkan teknik dan strategi yang matang, menunjukkan potensi besar untuk bisa bersinar di kancah yang lebih luas. Beberapa pertandingan bahkan harus diselesaikan hingga rubber game, menegaskan tingginya level kompetisi.

4.png

Cabang karate tidak kalah serunya, dengan para karateka muda menunjukkan kemampuan dan kekuatan mereka. Kategori kumite dan kata sama-sama menyuguhkan pertunjukan yang memukau, di mana teknik, kecepatan, dan kekuatan menjadi kunci utama.

Kepala SMP Xaverius 2 Bandarlampung, Ibu Sisilia Surasi Andriani berpesan "Ini adalah kesempatan emas bagi para siswa untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka. Kami berharap kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet muda berbakat yang akan mengharumkan nama sekolah dan semoga bisa mewakili kecamatan di tingkat kota."

Acara ini ditutup dengan pengumuman kepada peserta didik yang lolos mewakili sekolah. Meskipun persaingan berlangsung ketat, semangat kebersamaan dan sportivitas tetap menjadi nilai utama yang terpancar dari kegiatan seleksi O2SN di SMP Xaverius 2 Bandarlampung ini.

2.png

Berikut Nama Peserta didik yang lolos mewakili sekolah di tingkat kecamatan:

Atletik

Putra:

Nama Lengkap: Faustin Filbert Jerison

Kelas: 8B

Putri:

Nama Lengkap: Fidelia Suci Prastika

Kelas: 7B

 

Bulu tangkis

Putra:

Nama Lengkap: El Clement Devanka

Kelas: 7E

Putri:

Nama Lengkap: Kiarra Eugenia Araminta

Kelas: 8B

 

Renang

Putra:

Nama Lengkap: Andreas Christan Pujani

Kelas: 7C

Putri:

Nama Lengkap: Lovely Charlina Tan

Kelas: 8A

 

Karate - 45 (komite)

Putri

Nama Lengkap: Grace Samantha Kasim

Kelas: 7A

Asesment Bakat Minat 2024

SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

SMP Xaverius 2 Bandar Lampung pada tahun 2024 ini telah melaksanakan kegiatan ABM ( Assesment Bakat Minat) selama empat hari dimulai dari tanggal 19-22 Februari 2024. Dalam hal ini harapan sekolah peserta didik mampu mengerjakan dengan baik dan penuh keseriusan,

Asesmen Bakat Minat ini merupakan salah satu alat ukur  kemampuan setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan maupun pekerjaan. Bisa disimpulkan, Asesmen Bakat Minat merupakan alat ukur yang berfungsi mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya. Bakat minat peserta didik ini akan dipetakan berdasarkan sejumlah aspek yang terukur. ABM tidak sama dengan tes prestasi yang mengukur level kemampuan akademik. Oleh karena itu Asesmen Bakat Minat tidak dirancang mengikuti silabus mata pelajaran tertentu. Kualitas jawaban dalam ABM akan bergantung pada daya nalar peserta tes. Asesment Bakat Minat ini dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online (CBT Online). Dalam praktiknya, Asesmen Bakat Minat ini dipilih menjadi dua macam tes. Keduanya adalah tes bakat dan tes minat.

 

Dalam proses pelaksanaan ABM ini Fransiskus Margono, S.Pd, sebagai proktor, Agustinus Yulianto,S.Pd sebagai pengawas dan Aloysius Aan Anjar Wibowo, S.T sebagai tehnisi pelaksanaan ABM dapat berjalan dengan lancar. Berkaitan tentang Juknis Asesmen Bakat Minat 2024, tes bakat terdiri atas 140 butir soal yang harus dikerjakan maksimal selama 120 menit. Terdapat 7 subtes dalam asesmen bakat, yakni verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, dan klerikal. Selanjutnya, tes minat tersaji dengan 108 butir soal yang harus dikerjakan paling lama 30 menit. Tes ini setidaknya terbagi menjadi 3 aspek, yakni minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.


Asesmen Bakat Minat (ABM) kelas IX merupakan program Kemdikbudristek yang ditawarkan kepada seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Indonesia.  SMP Xaveius 2 Bandar Lampung menanggapi tawaran ini  sesuai pedoman Kemenikbudristek.  Pelaksanaan ABM melibatkan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Tujuan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) adalah mengumpulkan informasi tentang potensi murid di bidang-bidang tertentu berdasarkan sejumlah aspek yang terukur.

Penulis : Fransiskus Margono, S.Pd

Halaman 1 dari 11