(0 pemilihan)

Pelaksanaan Asesment Bakat Minat 2024 SMP Xaverius 2 Bandar Lampung Pilihan

Asesment Bakat Minat 2024

SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

SMP Xaverius 2 Bandar Lampung pada tahun 2024 ini telah melaksanakan kegiatan ABM ( Assesment Bakat Minat) selama empat hari dimulai dari tanggal 19-22 Februari 2024. Dalam hal ini harapan sekolah peserta didik mampu mengerjakan dengan baik dan penuh keseriusan,

Asesmen Bakat Minat ini merupakan salah satu alat ukur  kemampuan setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan maupun pekerjaan. Bisa disimpulkan, Asesmen Bakat Minat merupakan alat ukur yang berfungsi mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya. Bakat minat peserta didik ini akan dipetakan berdasarkan sejumlah aspek yang terukur. ABM tidak sama dengan tes prestasi yang mengukur level kemampuan akademik. Oleh karena itu Asesmen Bakat Minat tidak dirancang mengikuti silabus mata pelajaran tertentu. Kualitas jawaban dalam ABM akan bergantung pada daya nalar peserta tes. Asesment Bakat Minat ini dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online (CBT Online). Dalam praktiknya, Asesmen Bakat Minat ini dipilih menjadi dua macam tes. Keduanya adalah tes bakat dan tes minat.

 

Dalam proses pelaksanaan ABM ini Fransiskus Margono, S.Pd, sebagai proktor, Agustinus Yulianto,S.Pd sebagai pengawas dan Aloysius Aan Anjar Wibowo, S.T sebagai tehnisi pelaksanaan ABM dapat berjalan dengan lancar. Berkaitan tentang Juknis Asesmen Bakat Minat 2024, tes bakat terdiri atas 140 butir soal yang harus dikerjakan maksimal selama 120 menit. Terdapat 7 subtes dalam asesmen bakat, yakni verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, dan klerikal. Selanjutnya, tes minat tersaji dengan 108 butir soal yang harus dikerjakan paling lama 30 menit. Tes ini setidaknya terbagi menjadi 3 aspek, yakni minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.


Asesmen Bakat Minat (ABM) kelas IX merupakan program Kemdikbudristek yang ditawarkan kepada seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Indonesia.  SMP Xaveius 2 Bandar Lampung menanggapi tawaran ini  sesuai pedoman Kemenikbudristek.  Pelaksanaan ABM melibatkan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Tujuan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) adalah mengumpulkan informasi tentang potensi murid di bidang-bidang tertentu berdasarkan sejumlah aspek yang terukur.

Penulis : Fransiskus Margono, S.Pd

Baca 63 kali Terakhir diubah pada Jumat, 08 Maret 2024 01:35
SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

Manusia Yang Unggul dalam Humanitas, Kecerdasan, Kajujuran, Kedisiplinan, dan Pelayanan

xav2